LIA is INDONEZIAN

Selasa, 26 Mei 2009

MENULIS - Langkah Kita Buat Menciptakan Sebuah Karya Sastra



Aku suka banget nulis. udah dibilang hobbi sejak kecil. biasanya yang aku tulis adalah novel atau cerpen.

Sejak kecil, aku udah suka nulis. berawal dari suka baca novel, kemudian aku coba-coba untuk nulis novel sendiri. memang awalnya sulit, coz kita harus konsisten nulis cerita yang akan kita tuangkan menjadi sebuah novel. kita nggak boleh lupa dengan jalan cerita yang udah ada di angan-angan, begitu juga dengan aksen kita dalam menuturkan cerita.

setiap penulis punya aksen bercerita sendiri-sendiri. hal inilah yang membedakan antara penulis satu dengan penulis yang lain. baca saja novel karangan JK Rowling dengn RL Stine (si pengarang seri Goosebumps), tentu kita bisa merasakan perbedaan mereka dalam menuturkan cerita. begitu juga antara Hilman (pengarang Lupus) dengan Mira W atau Andrea Hirata.

Nah, buat kamu-kamu yang tertarik dalam hal tulis-menulis atau sastra, baik itu cerpen atau novel, aku punya beberapa tips yang mungkin bisa kamu pakai buat belajar. di antaranya :
Nah, belajar menulis itu nggak sulit. dari menulis kamu juga bisa cari uang sendiri. kirim aja cerpen kamu ke majalah. honornya kan lumayan. bisa juga kirim draft novel kamu ke penerbit, siapa tau kamu bisa jadi novelis terkenal juga.

Selamat mencoba menjadi seorang sastrawan.... :)

Picture taken from :
-
kuliahbidan.files.wordpress.com/2008/12/menul...
-
djunaedird.wordpress.com/files/2008/04/buku_g...
posted by LIAS ANDONEZY at 04.10


Free Blog Content

Brad Fitzpatrick's Cartoon  Illustration & Sketch Blog
Cartoons by Fitz!

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home