LIA is INDONEZIAN

Jumat, 05 Juni 2009

Recycle Barang Bekas

Menyulap Botol-Botol Bekas Menjadi Kap Lampu Cantik


Bahan :


Alat :


Ide :

Ide pembuatan kap lampu ini didapat waktu aku sedang liburan di rumah nenek selama tiga hari. Sebelumnya, aku kesulitan untung mencari ide yang pas untuk pembuatan kap lampu ini. Maksudnya ide yang kucari harus sesuai dengan hati aku, mudah dibuat, tapi tetap menarik.

Sebelumnya udah banyak sketsa ide pembuatan kap lampu yang aku buat. Tapi semuanya nggak ada yang “sreg”. Sampai mendekati deadline waktu pengumpulan tugas ini, aku belum dapat ide yang pas.

Sampai akhirnya waktu aku liburan di rumah nenek, aku jadi kepikiran untuk membuat kap lampu dengan model meniru rumah. Soalnya aku suka banget dengan gaya bangunan rumah nenekku yang kuno dan antic. Jadinya, aku pilih desain rumah sebagai kap lampu. Finally, terciptalah HOME LAMP HOME ini.

Sempat kepikiran juga sih, bagaimana kalau mengkombinasikan bentuk kap lampu dengan jam. Jadinya mirip seperti jam kukuk. Tapi karena sulit membuat mainan burung kukunya, akhirnya konsep ini nggak jadi. Balik lagi ke konsep awal, lampu dengan desain rumah tanpa dikombinasikan dengan jam.


Proses pembuatan :

  1. Karton dipotong seperti bentuk dasar rumah.

  2. Karton dipotong lagi dengan bentuk dua persegi panjang untuk atap rumahnya.

  3. Potong lagi karton persegi panjang kecil untuk tempat menruh souvenir di tengah.

  4. Untuk bagian alas bawah, potong karton sesuai panjang dari lebar rumah.

  5. Karton yang sudah dipotong dicat hijau untuk memperkuat warna hijau botolnya.

  6. Potong dan rapikan botol-botol sesuai ukurankarton-karton di atas, lalu temple menutupi semua permukaan karton

  7. Beri hiasan kap lampu yang sudah hamper jadi dengan tali atau pernak-pernik lainnya.

  8. Pada bagian alas, tempeli dengan stik es krim membentuk pagar.

  9. Terakhir rangkaikan lampu, dudukan lampu, kabel, dan stop kontak lalu pasang di bawah atap rumah agar kap lampu dapat menyala. Lalu nyalakan dan nikmati indahnya warna yang dihasilkan dari warna botol bekas yang terbias oleh lampu.

posted by LIAS ANDONEZY at 02.21


Free Blog Content

Brad Fitzpatrick's Cartoon  Illustration & Sketch Blog
Cartoons by Fitz!

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home