LIA is INDONEZIAN

Selasa, 16 Juni 2009

Gimana Caranya Dapat Ide Orisinal?

Cara mendapatkan ide orisinal.


Banyak di antara kita masih bingung untuk menelurkan ide-ide yang bagus. Itu karena sebagian besar di antara kita masih menggunakan cara berpikir yang umum, itu-itu saja. Jika Leonardo da Vinci menggunakan corporalita, curiosita, dimostrazione, sensazione, dll, untuk mendapatkan ide-ide yang cemerlang hingga menelurkan pemikiran-pemikiran yang tak sanggup dicapai orang lain sejamannya, ada cara lain untuk menghasilkan ide-ide baru selain yang Leonardo da Vinci gunakan. Di antaranya :

  1. Metaphora

Metaphora adalah menghubungkan suatu hal dengan hal lain yang jarang atau tidak pernah dihubungkan. Syaratnya dalam berlatih metaphora, kita harus berani berpikir brutal., artinya berpikir sesuatu yang tidak pernah dipikirkan orang lain. Selain itu, jangan percaya pada petunjuk umum yang diinstruksikan otak kiri, buang jauh kata-kata “tidak mungkin”.

Misalnya, ada benda-benda di bawah ini :

Kursi

Meja

Lemari

Rak buku

Sapi

Kucing

Kambing

Babi

Apel

Jeruk

Kelapa

Mangga

Coba kita hubungkan kursi dengan kucing, apel dengan babi, kelapa dengan kambing, lemari dengan mangga, rak buku dengan jeruk. Hubungan apa yang dapat diperoleh? Mungkin kita akan menjawab : kursi berbentuk kepala kucing, boneka babi yang memegang apel di tengah, kambing yang menginjak kelapa, lemari bergambarkan buah mangga, dan jeruk di atas rak buku. Masih banyak kemungkinan lain yang dapat kita peroleh dari benda-benda di atas. Ingat, jangan takut untuk berpikir brutal atau irasional. Kita bisa saja mendapat hubungan meja dengan kambing sebagai kambing tidur di atas meja………….

  1. Asosiasi benda

Di alam banyak ditemukan benda-benda yang bentuknya menyerupai benda-benda lain di alam. Misalnya, gumpalan awan membentuk tulisan Allah, kobaran api membentuk siluet manusia, rumpunan daun pohon membentuk buah apel, dan masih banyak lagi. Kita bisa mencari sendiri dengan ,mengamati kondisi alam sekitar kita kemudian mengaitkannya dengan benda lain.

  1. Analogi system

Analogi system adalah mengaitkan suatu hal atau benda untuk dijadikan dasar menciptakan benda lain. Misalnya :


posted by LIAS ANDONEZY at 07.13


Free Blog Content

Brad Fitzpatrick's Cartoon  Illustration & Sketch Blog
Cartoons by Fitz!

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home